Surat resign ataupengunduran diri dari kerja yang baik tentu harus kita pikirkan sungguh-sungguh
dalam membuatnya, jangan sampai surat pengunduran diri kerja kita justru
membuat salah tafsir dan salah terima dari pimpinan perusahaan. Dalam dunia
kerja,
selain berfikir membuat surat melamar pekerjaan, ada kalanya juga ketika ingin pindah atau ingin mencari pengalaman kerja di tempat lain tentu kita juga harus mengajukan surat resign secara baik-baik terlebih dahulu ke tempat bekerja kita yang lama. Ada pepatah bahwa ketika kita mengajukan surat lamaran kerja kita bersikap baik-baik dan maka ketika kita ingin mengundurkan diri dari tempat kita bekerja juga harus baik juga.
selain berfikir membuat surat melamar pekerjaan, ada kalanya juga ketika ingin pindah atau ingin mencari pengalaman kerja di tempat lain tentu kita juga harus mengajukan surat resign secara baik-baik terlebih dahulu ke tempat bekerja kita yang lama. Ada pepatah bahwa ketika kita mengajukan surat lamaran kerja kita bersikap baik-baik dan maka ketika kita ingin mengundurkan diri dari tempat kita bekerja juga harus baik juga.
Membuat surat resign |
Sisi positif dari
kita mengajukan surat pengunduran kerja untuk kita resign dari perusahaan
tempat kita bekerja yaitu, kita bisa meninggalkan kesan positif juga di
perusahaan tersebut selain itu kita juga tidak kehilangan hak-hak kita sebagai
bekas karyawan ketika kita sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut. Hak-hak
yang bisa kita dapatkan dari perusahaan lama kita antara lain bisa surat
pengalaman kerja, pesangon kerja, dana pensiun maupun dana tabungan Jamsostek
yang bisa kita manfaatkan setelah resign. Lain hal jika kita resign tanpa sopan
santun tentu kita akan sulit mengurus hak-hak kita selama menjadi karyawan,
jadi surat pengunduran diri kerja harus kita buat dan rancang sebaik mungkin
dan tanpa menyinggung pihak pimpinan sekalipun kita resign karena ada persoalan
dengan management perusahaan.
Contoh format surat pengunduran kerja
Cilacap, 08 Oktober
2014
Kepada Yth,
Pimpinan
Perusahaan/HRD “Nama Perusahaan”
Dengan hormat,
Melalui surat ini
saya selaku karyawan “Nama Perusahaan” berdasarkan surat kesepakatan bersama
dan tentang Karyawan serta Undang-undang ketenagakerjaan, maka saya yang
bertanda tangan di bawah ini.
Nama :
NIK :
Jabatan :
Departemen :
Bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari “Nama Perusahaan”, pengunduruan
kerja saya terhitung mulai tanggal “Tanggal Resign” . Saya ucapkan banyak
terima kasih atas kesempatan yang diberikan perusahaan kepada saya selama
bergabung di “Nama Perusahaan” selama ini. Saya berharap perusahaan dapat
memahami kondisi saya dan memberikan hak - hak sesuai ketentuan yang berlaku.
Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas bantuan
dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih
Hormat Saya
Ari Kuswanto
Demikian Sobat, jika ingin membuat surat pengajuan pengunduran diri dari
kerja. Untuk format tidak harus baku seperti di atas, improvisasi bisa Sobat
lakukan sesuai dengan keadaan namun tetap tidak mengurangi makna dari surat
resign tersebut tetapi tetap sopan dan baik. Salam