Sabtu, 04 Oktober 2014

Cara saya membuat surat lamaran kerja

Membuat surat lamaran pekerjaan yang baik, mudah dan benar memang sering kali menjadi momok atau ganjalan bagi para pemula pencari kerja yang baru saja lulus bersekolah. Rasa menakutkan dan momok sering kali tercipta karena calon
pencari kerja pemula sudah kurang pencaya diri atau kurang PD, takut surat lamaran kerja kurang baik dan benar atau takut tidak diterima kerja. Berharap diterima bekerja tentu menjadi dambaan setiap pencari kerja, namun terlalu berlebihan berharap diterima juga kurang baik karena justru akan menjadikan kita hilang semangat ketika surat lamaran kerja kita ditolak atau tidak mendapatkan respon dari perusahaan yang kita masukkin aplikasi CV milik kita.
Membuat surat lamaran kerja
Jika saya pribadi, lebih menyukai mencari pekerjaan dari teman, kolega atau saudara mengenai lowongan pekerjaan yang bersifat tertutup karena persaingan juga tidak terlalu berat dan banyak. Kalaupun mencari pekerjaan dari lowongan pekerjaan di media koran atau online, saya lebih menyukai sistem walk in interview. Dengan metode walk in interview kita lebih pasti dan mengetahui cepat dan langsung respon dari perusahaan tempat kita melamar pekerjaan, karena ketika kita mengajukan aplikasi pekerjaan sambil langsung interview. Terlepas dari cara mencari pekerjaan tersebut hanyalah cara setiap individu dalam hunting pekerjaan, baiklah mari kita kembali pada bagaimana cara membuat surat permohonan lamaran pekerjaan yang baik, padat dan benar.

Contoh lamaran pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan bisa kita tulis di kertas folio bergaris maupun kertas HVS dengan cara diketik kemudian dicetak atau kita print, namun jika sobat memiliki tulisan tangan yang cukup baik dan rapi, tidak ada salahnya membuat surat lamaran pekerjaan dengan menulisnya di kertas HVS dan untuk membuatnya rapih, ketika menulis di kertas HVS sebaiknya gunakan kertas folio bergaris untuk panduan jejak garis tulisan kita di HVS supaya rapi. Oke, di bawah ini contoh format surat lamaran pekerjaan yang baik, padat dan gampang saja yang bisa Sobat sebagai referensi. 
Cilacap, 04 Oktober 2014

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan Perusahaan
Nama Perusahaan
di Tempat

Hal : Surat lamaran pekerjaan sebagai.....

Dengan hormat,
Saya yang bertanda di bawah ini.
Nama : Ari.Kuswanto
Tempat dan Tanggal Lahir :
Alamat : Alamat lengkap
No Telepon : 081xxxxxxxxx

Berkaitan dengan informasi iklan lowongan pekerjaan yang saya baca di harian nasional nama koran hari dan tanggal mengenai lowongan pekerjaan dengan lowongan sebagai (posisi lowongan), saya bermaksud untuk mengajukan surat permohonan lamaran pekerjaan untuk posisi tersebut sesuai dengan minat dan kemampuan skill saya. Kemudian untuk melengkapi aplikasi lamaran pekerjaan ini, saya lampirkan beberapa dokumen pendukung sebagai bahan pelengkap surat lamaran pekerjaan saya, berikut lampiran dokumen tersebut :
1. Daftar riwayat hidup.
2. Foto copy ijazah.
3. Foto copy KTP
4. Pas foto 4x6 2 lembar.
Demikian surat lamaran pekerjaan saya, besar harapan saya untuk menerima panggilan dan tes tahapan selanjutnya. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,
Ari.Kuswanto
Demikian Sobat, contoh aplikasi lamaran pekerjaan yang simpel dan gampang. Jika pendapat pribadi dari saya, lebih baik mencari lowongan pekerjaan secara tertutup berupa informasi lowongan pekerjaan dari teman, saudara atau kolega dekat. Jika mencari melalui media, lebih baik memilih dengan menggunakan cara walk in interview. Salam