Rabu, 08 Oktober 2014

Contoh format surat resign



Surat resign ataupengunduran diri dari kerja yang baik tentu harus kita pikirkan sungguh-sungguh dalam membuatnya, jangan sampai surat pengunduran diri kerja kita justru membuat salah tafsir dan salah terima dari pimpinan perusahaan. Dalam dunia kerja,
selain berfikir membuat surat melamar pekerjaan, ada kalanya juga ketika ingin pindah atau ingin mencari pengalaman kerja di tempat lain tentu kita juga harus mengajukan surat resign secara baik-baik terlebih dahulu ke tempat bekerja kita yang lama. Ada pepatah bahwa ketika kita mengajukan surat lamaran kerja kita bersikap baik-baik dan maka ketika kita ingin mengundurkan diri dari tempat kita bekerja juga harus baik juga.

format surat resign
Membuat surat resign

Sisi positif dari kita mengajukan surat pengunduran kerja untuk kita resign dari perusahaan tempat kita bekerja yaitu, kita bisa meninggalkan kesan positif juga di perusahaan tersebut selain itu kita juga tidak kehilangan hak-hak kita sebagai bekas karyawan ketika kita sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut. Hak-hak yang bisa kita dapatkan dari perusahaan lama kita antara lain bisa surat pengalaman kerja, pesangon kerja, dana pensiun maupun dana tabungan Jamsostek yang bisa kita manfaatkan setelah resign. Lain hal jika kita resign tanpa sopan santun tentu kita akan sulit mengurus hak-hak kita selama menjadi karyawan, jadi surat pengunduran diri kerja harus kita buat dan rancang sebaik mungkin dan tanpa menyinggung pihak pimpinan sekalipun kita resign karena ada persoalan dengan management perusahaan.

Contoh format surat pengunduran kerja

Cilacap, 08 Oktober 2014
Kepada Yth,
Pimpinan Perusahaan/HRD “Nama Perusahaan”

Dengan hormat,
Melalui surat ini saya selaku karyawan “Nama Perusahaan” berdasarkan surat kesepakatan bersama dan tentang Karyawan serta Undang-undang ketenagakerjaan, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini.

Nama :
NIK :
Jabatan :
Departemen :

Bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari “Nama Perusahaan”, pengunduruan kerja saya terhitung mulai tanggal “Tanggal Resign” . Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang diberikan perusahaan kepada saya selama bergabung di “Nama Perusahaan” selama ini. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak - hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan sebenarnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini saya ucapkan terimakasih

Hormat Saya


Ari Kuswanto


Demikian Sobat, jika ingin membuat surat pengajuan pengunduran diri dari kerja. Untuk format tidak harus baku seperti di atas, improvisasi bisa Sobat lakukan sesuai dengan keadaan namun tetap tidak mengurangi makna dari surat resign tersebut tetapi tetap sopan dan baik. Salam