Senin, 25 Januari 2016

Nyunset di TK Perhutani Cilacap

Meski hanya berbekal kamera smartphone, sore ini  aku cukup bersemangat untuk memacu motor melintas jalan sejauh 20 Km dari rumah ke kompleks Perhutani Cilacap yang tepatnya berada di sebelah utara Pelabuhan Sentolo Kawat.

Karena agak jauhan, aku sengaja bergegas berangkat lebih awal mengingat detik demi detik matahari tenggelam tidak akan bisa menunggu kita sampai disana, bergegas berangkat lebih awal merupakan suatu keharusan jika kita tidak ingin kehilangan moment.

Terlambat atau menunda beberapa menit, maka kita akan kehilangan moment-moment cantik ketika bulatan matahari berwarna merah akan tenggelam, saat itu matahari akan nampak sangat jelas dan tegas memperlihatkan rona merahnya seolah berucap bahwa esok hari saya akan memberikan warna hidup yang lebih dari hari ini.

Dua puluh menit perjalanan dari rumah, akhirnya sampai juga di Komplek TK Perhutani. Sore itu memang agak lengang suasananya, Bapak nelayan dengan perahu sederhananya terlihat bergegas berkemas untuk pulang. Mereka hanya memastikan bahwa perahu-perahu teman mereka mencari ikan di tengah laut sudah tertambat dengan baik dan tidak akan lepas terbawa hanyut air.

Hanya senyum dengan sapa mereka dengan ramah “motret Mas ?”... tanya mereka..
“Iya Pak, iseng saja” jawab aku sambil tersenyum...

Mungkin mereka sudah terlalu sering menikmati sunset-sunset yang selalu mereka jumpai setiap sore di tempat itu, yang tentunya bisa jauh lebih indah dan bermakna dari sore ini..

Sendirian kah saya sore ini berburu sunset ?

Satu dua tiga remaja dengan kamera-kamera digital besar DLSR, dan ada juga yang hanya menggunakan kamera Smartphone termasuk saya, terlihat mulai asyik larut mencari angel mengabadikan sang Surya yang seakan beranjak menghilang tertutup garis Cakrawala.

Aku sengaja mengambil dan mengabadikan setiap moment sore itu sebanyak mungkin menggunakan kamera handphone, mengingat kamera handphone memiliki kualitas dan sifat yang tentu berbeda dari kamera digital biasa..

Setiap moment sengaja aku ambil sebanyak mungkin untuk dipilih hasil  terbaik dari yang terbaik kualitasnya.. Trik foto menggunakan kamera ponsel menurut senior pengguna fotografi ponsel..