Selasa, 20 September 2016

Cerita cara recovery data yang terhapus

Pernah mengalami data penting di harddisk laptop atau komputer terhapus dan hilang akibat virus atau terhapus nggak sengaja ?.
Nah cerita ini baru saja saya alami pagi ini, ceritanya laporan kerja kantor yang semalam sudah dikerjakan sampe malem bener, kemudian paginya waktu mau dikirim via email tiba-tiba Drive tidak bisa dibuka dan kalaupun bisa harus dengan diformat.
Recovery Suite

Batin saya, waduh..celaka nih !. ngetik lagi dari awal tentu selain menguras pikiran dan waktu, pekerjaan lainnya jadi ikutan molor nggak jelas.

Drive berisi data akhirnya terpaksa terformat dengan data-data penting pekerjaan kantor, data foto dan lain-lain juga ikutan lenyap hilang. Drive partisi harddisk menjadi kosong-song tanpa data apapun, galau campur aduk pagi tadi saya rasakan. Yang saya lakukan pertama adalah langsung email siBos, ngabarin kalau data lenyap dimakan virus $RECYCLE.BIN, dan mohon maaf laporan saya undur pengirimannya. 

Dan beruntungnya siBos bisa ngerti, Alhamdulillah pikir saya, kemudian tanpa pikir panjang saya searching di  google, aplikasi gratisan yang bisa recovery data free tentunya..hehehe, habis buru-buru karena saya butuh banget recovery data hari ini.

Searching google ketemu dengan aplikasi 7-Data Recovery Suite yang bisa kita download free berupa trial di 7datarecovery.com.. Meluncur ke TKP, langsung saya download sampai selesai dan dilanjutkan dengan Install aplikasi tersebut.

Selesai Instal, langsung deh eksekusi untuk recovery data di Drive saya yang terformat. Kapasitas harddisk 100GB lebih, memakan waktu sekitar 2 jam untuk recovery dari awal hingga selesai.
Progress Recovery data
Harap-harap cemas, setelah menunggu progress selama 2 jam lebih, akhirnya selesai dan aplikasi saya saya buka dengan menekan next hasilnya cukup menggembirakan. Data-data yang semula hilang tak berbekas ternyata muncul kembali seperti semula sebelum terformat.

Kelemahan aplikasi free trial.

Karena yang saya gunakan aplikasi free dan trial, kapasitas restore jumlah data yang hilang ternyata dibatasi hanya sekitar 957MB. Tapi dalam hati saya cukup lumayan, data-data penting pekerjaan kantor yang berupa ketikan word atau excel bisa saya munculkan kembali seperti semula, karena biasanya data-data dalam format tersebut tidak terlalu besar.
Setelah progress selesai, data yang hilang akan muncul
Selain data penting pekerjaan yang saya selamatkan, data lain yang ikut saya selamatkan juga yaitu berupa foto-foto, karena foto tidak bisa diulang lagi ya..hehehe. 

Karena batas kapasitas tersebut, saya prioritas data yang akan saya restore dengan 7 Data Recovery Suite. Data yang tidak terlalu penting dan bisa dicari lagi, saya relakan hilang saja, yang penting adalah data yang sulit dicari dan penting.

Kesimpulan

Aplikasi ini cukup bisa dijadikan andalan ketika kondisi kepepet, karena mepet..hehehe..selain downloadnya mudah, pemakaiannya juga simple dan cepat. Kecepatan recovery tentu tergantung dari jumlah data dan besarnya kapasitas Drive yang akan direcovery.

Bisa juga digunakan untuk recovery flashdisk atau MMC handphone yang tanpa disengaja terhapus datanya.

Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat

1 komentar:

  1. Terima kasih untuk artikelnya yang sangat membantu. Jangan lupa mampir ke web kita ya

    BalasHapus