Kamis, 24 Oktober 2019

Kesampaian Nyicip Bakmi Gareng Banyumas

Lewat di depannya sih sering banget dan bisa jadi hampir sebulan 2x lewat depan warung Bakmi Gareng Banyumas. Tepatnya ada di pojokan Jl. Kebasen-Banyumas dan Jl. Mruyung Banyumas. Dilihat dari fisik bangunan luarnya, hanya berupa bangunan lama yang terkesan kusam dan kurang terawat namun masih kokoh berdiri.

Satu Porsi Bakmi Goreng plus Acar Mentimun
Rupanya dibalik kesan kuno dan tua. Bangunan warung Bakmi Gareng dibiarkan agar menciri khas kan bangunan kuno khas Jawa Tengah. Selain bangunan Bakmi Gareng yang masih dibiarkan orisinil, pun di sepanjang Jl. Mruyung masih jamak kita temui bangunan-bangunan lain yang sangat khas bangunan tempo dulu yang dipertahankan dalam kondisi terawat dan ditempati. Penasaran? 

Yang belum pernah. Ayuk sini singgah, lewat sambil blusukan di seputaran Banyumas. Bisa dimulai dari alun-alun Banyumas.

Mempertahankan gaya bangunan Jawa khas Jawa Tengah

Kembali ke Bakmi Gareng. Memasuki warung makan ini, dalam ruangan tempat makan pun juga dikondisikan berciri Jawa sederhana. Meja kursi makannya, kemudian bagian dalam warungnya pun masih menggunakan lantai plesteran biasa namun bersih mengkilap hingga ke bagian dapurnya.

Masih menggunakan furniture lama

Hanya 10 menitan kurang, satu porsi bakmi goreng nyemek sudah tersedia di meja saya. Ditemani Teh panas tawar dan semangkuk acar mentimun dengan kecil cabai rawit hijau nan menggoda.

Bakmi Goreng plus acar mentimun dengan cabai rawit hijau, ah rasanya benarlah  sepasang jodoh yang sangat serasi!

Siang itu saya menyantapnya dengan perlahan begitu menikmati, suap demi suap begitu dinikmati. Gurih manis plus pedasnya cabai rawit dari acar mentimun rasanya turut menambah nikmatnya santap siangku dengan bakmi goreng di Bakmi Gareng Banyumas.

Bakmi Gorengnya Mantap

Untuk satu porsi Bakmi Gareng ditambah teh panas, kita hanya membayarnya 20rb saja. Rasa bakmi yang enak dengan suwiran daging ayam kampungnya yang lumayan banyak seolah menepiskan harga yang musti kita bayarkan. 

Enak!

Selain bakmi goreng, di warung Bakmi Gareng juga ada menu lainnya seperti bakmi godog, nasi goreng, capcay. Pun di atas meja makannya, sebelum pesanan terhidang di atas meja. Jajanan ringan pasa khas Jawa juga bisa kita temui, seperti kue Kweku, kue Lapis, Tape Ketan dan kue Nagasari.

Yang belum pernah makan disini bisa dicoba yah, sambil berwisata kuliner disini. Bisa juga mampir ke Klenteng Boen Tek Bio nan megah di Jl. Gadean Banyumas atau nyicip kupat tahunya Mbah.Jawi di samping Klenteng ini.

8 komentar:

  1. uww bakmi gorengnyaaaa keliatan enakkk, aku blm pernah nyicip ini. kapan2 kl ke Banyumas tak mampir ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenane belum pernah nyoba Mba? Deket lho, kan kalau ke Purwokerto bisa lewat sini dari Banjarnegara. Hehehe

      Hapus
  2. gak salah tuh bang mimumnya tes panas, kalo gw biasanya teh anget aja :D..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya Mas, lebih pas Teh Anget. Kalau panas bisa nglodog lidahnya...

      Hapus
  3. Makanan yang paling aku sukaaaaaa... MIEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE, BAKMI emang hidangan yang paling ak car di jogja sih haha.. kalo disini ada bakmi dan ak mengunjungi tempatnya langsung ludes sama saya hehe

    BalasHapus
  4. Sebagai penggemar bakmi jawa, saya jadi penasaran sama bakmi gareng. Mudah-mudahan suatu saat saya bisa mencicipinya. :D

    BalasHapus